16.11.07

Lihat Ke Sekitar Anda

Jum'at beberapa minggu kebelakang saya berjalan-jalan bersama seorang teman ke pusat perbelanjaan elektronik terkemuka di Bandung, cuaca sedikit mendung dan nampaknya hujan akan segera turun, memang benar, sesaat saya turun dari motor, gerimis turun. Saya bergegas agar tidak kehujanan di luar, memasuki gedung itu dan membereskan semua tujuan saya saat itu. Saat keluar hujan sudah mulai reda dan saya kembali ke parkiran motor sekitar 100 meter dari gedungnya. Ketika saya berjalan, kaki saya tersandung dan hampir terjatuh. Sempat saya berujar "njiss, naon sih ngahalangan pisan" dan ternyata bocah homeless yang sedang tertidur, mungkin karena kelelahan "bekerja" seharian. Damn, saya pikir, katanya Bandung segera bersih dari pengemis, tapi nyatanya ?
Trotoar yang sudah sempit mengapit Jalan Purnawarman yang selalu macet di siang hari semakin sempit melihat fakta seperti itu. Mana revitalisasi kota yang dijanjikan ? Kenapa selalu saja kami dibohongi oleh janji ?
Memang menurut banyak sumber bahwa hampir tidak ada kota di dunia ini yang bersih dari pengemis, tetapi dewasa ini, yang seharusnya membawa perubahan setelah sekian janji-jani, malah semakin banyak pengemis di kota ini.
Kerap saya bertanya kepada diri saya sendiri, "apa yang bisa saya lakukan ? otoritas yang berwajib saja ga bisa mengontrol mereka"
Ini selalu menjadi bahan pikiran dan obrolan teman-teman saya di sekitar. Melihat bagaimana kawan-kawan sebaya yang mulai kritis akan masalah-masalah seperti ini, saya optimis, dalam beberapa tahun ke depan masalah kecil seperti ini dapat di reduksi, asalkan semua orang nanti bisa mulai berpikir tentang orang lain, tidak hanya egois dan memikirkan dirinya sendiri. Mungkin saya juga harus mulai memikirkan orang lain, tidak hanya memikirkan diri saya sendiri.
Keep struggling brothers !

2 komentar:

RizalRizal mengatakan...

yah mau gimana lagi baw..
pemerintah memang selalu berupaya, namun semuanya selalu berjalan kurang maksimum.dengan berbagai alasan mereka terus dan terus berjanji akan menanggulangi masalh ini.
tapi mana???

Egi mengatakan...

thats rite brother